logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanPandemi Covid-19 Memperdalam...
Iklan

Pandemi Covid-19 Memperdalam Krisis Pembelajaran

Ketika anak usia sekolah dasar, terutama pada kelas awal, terkendala pembelajarannya di masa pandemi ini, mereka berpotensi gagal belajar membaca. Bank Dunia memprediksi ketidakmampuan belajar ini meningkat.

Oleh
Yovita Arika
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/4P7bDfJysqtSwTeBWSfdt7lasyY=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F08%2F47be0faa-7ba7-4ba1-9e14-851f0ae340e0_jpg.jpg
KOMPAS/RIZA FATHONI

Anak-anak membaca buku pelajaran saat pembelajaran daring menggunakan fasilitas Wi-Fi gratis di balai warga RW 005 Kelurahan Kuningan Barat, Jakarta Selatan, Jumat (28/8/2020). Usia sekolah dasar menjadi usia krusial bagi anak untuk memiliki kemampuan membaca.

Penutupan sekolah dan kendala dalam pembelajaran jarak jauh menyebabkan sejumlah anak usia sekolah dasar, terutama dari keluarga miskin, rentan mengalami masalah gagal belajar membaca. Mereka berpotensi mengalami ketidakmampuan belajar atau learning poverty, yaitu kondisi di mana anak tidak dapat membaca dan memahami teks sederhana pada pada usia 10 tahun.

Kajian terbaru Bank Dunia menunjukkan, secara global tingkat ketidakmampuan belajar atau disebut juga kemiskinan belajar di negara berpenghasilan menengah ke bawah diperkirakan meningkat 10 persen, dari 53 persen pada 2019 menjadi 63 persen karena pandemi. Anak usia sekolah dasar yang tidak mampu membaca bertambah 72 juta anak, menjadi 454 juta anak.

Editor:
Ichwan Susanto
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000