logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanMari Wujudkan Rumah Aman dan Nyaman bagi Anak

Mari Wujudkan Rumah Aman dan Nyaman bagi Anak

Pandemi Covid-19 jangan sampai memengaruhi tumbuh kembang anak-anak. Kendati berada di rumah, semua pihak harus memastikan anak-anak berada dalam situasi aman dan nyaman, serta bebas dari berbagai kekerasan.

Oleh Sonya Hellen Sinombor
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Priyombodo

Aktivis yang tergabung dalam Extinction Rebellion dalam aksi damai memperingati hari anak sedunia di Taman Aspirasi, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2020). Aksi tersebut untuk mendesak pemerintah agar lebih ambisius untuk melindungi masa depan anak-anak dari krisis iklim dan ketimpangan sosial ekonomi. Aksi dengan menggunakan ratusan mainan anak sumbangan dari berbagai lapisan masyarakat itu mewakili suara anak Indonesia.

Hari Anak Sedunia atau Hari Anak Universal 2020 yang berlangsung pada masa pandemi Covid-19 menjadi momentum untuk mengingatkan semua pihak bahwa persoalan anak di Tanah Air masih menjadi pekerjaan rumah besar yang harus diselesaikan. Bahkan, masa pandemi memperparah situasi kekerasan terhadap anak-anak baik fisik, psikis, maupun seksual, yang sebelum pandemi pun pada tingkat memprihatinkan.

Terbatasnya akses pendidikan dan layanan kesehatan, termasuk kesulitan pangan, di masa pandemi Covid-19 semakin memperlebar kesenjangan antara anak-anak di wilayah terpencil, kepulauan, dan pelosok. Termasuk, anak-anak dari keluarga rentan baik di perdesaan maupun perkotaan, dengan anak-anak dari keluarga mampu.

Editor: Ichwan Susanto
Bagikan
Memuat data..