logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanMengoptimalkan Potensi Pemuda

Mengoptimalkan Potensi Pemuda

Indeks pembangunan pemuda meningkat, tetapi capaiannya masih sangat rendah. Kemajuan teknologi digital menjadi peluang untuk mengoptimalkan pembangunan pemuda melalui kewirausahaan berbasis digital.

Oleh Yovita Arika
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/MUCHAMAD ZAID WAHYUDI

Rachel Amanda Aurora dan M Noval Auliady yang mewakili pemuda Indonesia yang tergabung dalam Delegasi Indonesia untuk Konferensi Tingkat Tinggi Nairobi dalam rangka 25 Tahun Konferensi Kependudukan dan Pembangunan Internasional (ICPD) sedang membacakan rekomendasi dan komitmen pemuda Indonesia terkait komitmen Nairobi ICPD25 di Nairobi, Kenya, Rabu (13/11/2019).

Pembangunan pemuda merupakan salah satu kunci sukses memanfaatkan bonus demografi yang akan mencapai puncaknya pada 2025-2030. Jumlah pemuda berusia 16-30 tahun yang sebanyak 64,19 juta atau sekitar 24 persen jumlah penduduk merupakan peluang sekaligus tantangan.

Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) 2019 yang diluncurkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional pada akhir Oktober 2020 menunjukkan ada banyak tantangan dalam pembangunan pemuda. Tantangan terbesar pada pembangunan bidang kesehatan dan kesejahteraan.

Editor: Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan
Memuat data..