logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanPersoalan Pembelajaran Jarak...
Iklan

Persoalan Pembelajaran Jarak Jauh Tak Bisa Disepelekan

Persoalan saat pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 membutuhkan konsistensi solusi nyata dari pemerintah pusat dan daerah. Dengan demikian, hak anak akan pendidikan, keselamatan, dan kesehatan tetap terpenuhi.

Oleh
Mediana
· 7 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/C4wvNzFjJdRY8CaFj98jir91Hhk=/1024x1536/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F07%2Ffbfe369a-5d38-44b0-9781-f414ad0e701d_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Suasana proses belajar-mengajar oleh guru yang datang ke rumah kontrakan salah seorang siswa TK Cahaya Mas di kawasan Larangan, Kota Tangerang, Banten, Senin (27/7/2020). Kunjungan satu minggu sekali ini dilakukan karena pembelajaran jarak jauh  sulit diterapkan bagi para siswa karena berbagai keterbatasan. Orangtua siswa juga merasa terbantu dengan kunjungan guru ke rumah.

JAKARTA, KOMPAS — Persoalan yang timbul saat pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 tidak boleh dianggap sepele. Pemerintah harus konsisten menegakkan pelaksanaan kebijakan yang mendukung anak tetap mendapatkan hak pendidikan, kesehatan, dan keselamatan.

Pengamat kebijakan pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia, Cecep Darmawan, saat dihubungi Selasa (28/7/2020), di Jakarta, memandang pemerintah pusat dan daerah harus satu suara dan tindakan. Apabila sikap seperti itu tidak dipunyai, kondisi pandemi Covid-19 tetap berlarut-larut. Begitu pula dengan persoalan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang timbul selama pandemi.

Editor:
Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000