logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanKemampuan Membaca Pengaruhi...
Iklan

Kemampuan Membaca Pengaruhi Kesenjangan Jender di Pendidikan Tinggi

Keterampilan membaca pada anak laki-laki yang buruk pada masa remaja dibandingkan pada anak perempuan memengaruhi partisipasi mereka di pendidikan tinggi yang lebih rendah daripada perempuan.

Oleh
Yovita Arika
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/fg7F8lYlVNsfJ7FCwp3UM7VUhbY=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F02%2F20200201_101911_1580616292.jpg
KOMPAS/LARASWATI ARIADNE ANWAR

Suasana wisuda Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat, Sabtu (1/2/2020).

Data global menunjukkan, dibandingkan laki-laki, lebih banyak perempuan yang masuk ke jenjang pendidikan tinggi. Berdasarkan data Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) dari 18 negara, termasuk sejumlah negara maju seperti Amerika Serikat, rata-rata jumlah mahasiswa laki-laki hanya 45 persen dibandingkan perempuan yang 55 persen.

Di Indonesia pun demikian. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sejak 2012,  Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan pada perempuan selalu lebih besar daripada pada laki-laki. Pada  2019, misalnya, APK pendidikan tinggi pada perempuan 31,67 persen dan pada laki-laki 28,93 persen.

Editor:
Ichwan Susanto
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000