logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanPilihlah Program Pendidikan Sesuai Minat

Pilihlah Program Pendidikan Sesuai Minat

Keberhasilan tidak ditentukan oleh program studi yang dipilih, apakah favorit atau tidak, tetapi pada kemampuan komunikasi, berkolaborasi, dan keterampilan sosial lainnya yang tak akan tergantikan oleh proses otomasi.

Oleh Yovita Arika
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas

Peserta mengerjakan soal masuk perguruan tinggi bidang Ilmu Pengetahuan Sosial di Auditorium Gedung Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia di Depok, Selasa (12/6/2012). 

Tren program studi favorit yang menjadi pilihan calon mahasiswa relatif sama dari tahun ke tahun meski tiga tahun terakhir sejumlah perguruan tinggi menawarkan program studi baru sesuai tuntutan era 4.0. Sama seperti tahun lalu, hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi tahun 2020 menunjukkan, program studi yang banyak diminati adalah teknologi informasi, farmasi, kedokteran gigi, manajemen, pendidikan guru sekolah dasar, dan ilmu komunikasi.

Sejumlah perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung (ITB), IPB University, Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya sejak 2-3 tahun lalu menawarkan prodi aktuaria. Namun di UI misalnya, prodi yang paling banyak peminat masih tetap pendidikan dokter, sistem informasi, dan ilmu komputer. Demikian pula di UGM, prodi yang paling banyak peminat masih farmasi, kedokteran, dan teknologi informasi.

Editor: ilhamkhoiri
Bagikan
Memuat data..