logo Kompas.id
Pendidikan & Kebudayaan12 Tahun, Kekerasan terhadap Perempuan Meningkat Delapan Kali Lipat

12 Tahun, Kekerasan terhadap Perempuan Meningkat Delapan Kali Lipat

Kondisi perempuan Indonesia masih jauh dari aman. Selama 12 tahun, jumlah laporan kasus kekerasan terhadap perempuan dari pemerintah dan berbagai lembaga meningkat hampir delapan kali lipat.

Oleh SONYA HELLEN SINOMBOR
· 1 menit baca
Memuat data...
ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA

Warga membubuhkan tanda tangan saat aksi Menolak Kekerasan Terhadap Perempuan di Solo, Jawa Tengah, Minggu (9/12/2018). Aksi tersebut untuk mendorong Pemerintah serta DPR RI segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) karena akan memberikan perlindungan terhadap perempuan dan mengurangi angka kekerasan seksual.

JAKARTA, KOMPAS-Catatan Tahunan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Catahu Komnas Perempuan) 2020 yang diluncurkan, Jumat (6/3/2020) di Jakarta menunjukkan jumlah laporan kekerasan terhadap perempuan pada tahun 2019 mencapai 431.471 kasus. Angka ini jauh melonjak  dibandingkan Catahu Komnas Perempuan tahun 2008 yang  jumlahnya mencapai 54.425 kasus atau naik 792 persen.

Peningkatan jumlah laporan kekerasan setiap tahun menunjukkan fenomena gunung es dari kekerasan terhadap perempuan. Situasi tersebut juga memberi arti bahwa hingga kini perlindungan dan keamanan terhadap perempuan masih jauh dari harapan, bahkan telah terjadi pembiaran.

Editor: Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan
Memuat data..