Kompas Institute Selenggarakan Pelatihan Kehumasan
Oleh
Adhi Kusumaputra
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS - Kompas Institute menggelar pelatihan bertajuk "Berpartner dengan Media" untuk peserta dari kalangan kehumasan, Rabu (28/11/2018). Bertempat di Gedung Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, pelatihan yang diadakan 28-29 November ini diisi wartawan hingga manajer berpengalaman Harian Kompas.
Pelatihan ini bertujuan untuk berbagi ilmu kepada perusahaan tentang cara menjalin relasi dengan media, seperti cara membuat siaran pers yang baik hingga cara menghadapi tantangan penyebaran informasi dan beriklan di era digital. Pelatihan ini diikuti 29 peserta terdaftar dari berbagai perusahaan, mulai dari perusahaan perintis hingga korporasi, baik swasta maupun negeri.
Setelah 53 tahun berkiprah di bidang media, Kompas memiliki pengalaman di bidang periklanan, seperti media marketing, kebijakan media, etika bisnis periklanan, proses produksi periklanan di media, Integrated Marketing Communication, serta strategi menjalin hubungan dengan publik secara efektif.
"Melalui pelatihan ini, kami ingin menularkan pengetahuan yang didapat dari pengalaman Kompas selama ini. Ini sesuai dengan harapan Kompas, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa," tutur Direktur Kompas Institute Agnes Astiarini.
Empat pengajar yang mengisi pelatihan ini adalah Wakil Manajer Media Sosial Harian Kompas Didit Putra Erlangga, Wartawan Senior Ekonomi Harian Kompas Andreas Maryoto, Manajer Marketing Communication Harian Kompas Tarrence Palar, serta Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Tri Agung Kristanto.
Pelatihan kehumasan serupa akan kembali diadakan pada 12-13 Desember 2018. Pendaftaran akan dibuka awal Desember mendatang dengan kuota peserta maksimal 30 orang. Pelatihan ini terbuka untuk siapa saja.
Kompas Institute yang baru berdiri Mei 2018 mengadakan berbagai pelatihan sekali dalam sebulan. Sejauh ini, tiga pelatihan telah sukses diselenggarakan, yaitu pelatihan menulis, fotografi, survei dan penelitian. (ERIKA KURNIA)