logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanLayanan Haji di Armina Masih ...
Iklan

Layanan Haji di Armina Masih Pekerjaan Rumah

Oleh
Nasrullah Nara
· 2 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/yNhd21qIogVpdG0zIYkCUqPiLWE=/1024x695/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F11%2Findeks-haji_1542913129.jpg
DOKUMENTASI KEMENAG/BPS

Tren kenaikan indeks kepuasan haji.

JAKARTA, KOMPAS — Empat tahun terakhir, indeks kepuasan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi terus menunjukkan peningkatan. Namun, pelayanan di Armina (Arafah, Muzdalifah, dan Mina) dinilai belum mencapai kriteria sangat memuaskan dibandingkan dengan daerah lain. Hal itu menjadi pekerjaan rumah bagi Kementerian Agama untuk terus meningkatkan pelayanannya ke depan.

Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) pada tahun 1439 Hijriah atau 2018 naik 0,38 poin menjadi 85,23 dibandingkan dengan tahun 2017, yaitu 84,85. Angka tersebut menunjukkan layanan jemaah haji yang dilakukan pemerintah tergolong dalam kriteria sangat memuaskan. Pada empat tahun terakhir IKJHI menunjukkan peningkatan yaitu, 82,67 pada tahun 2015 dan sebesar 83,83 di tahun 2016.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000