logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanLiterasi dan Numerasi ...
Iklan

Literasi dan Numerasi Tentukan Mutu Pendidikan Lanjutan

Oleh
Ester Lince Napitupulu
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/oR4mKvqRQaqpGPLAMDgHieMeUIk=/1024x1023/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F05%2FIMG_20180507_155149.jpg
KOMPAS/ESTER LINCE NAPITUPULU

Seminar kemitraan pendidikan digelar Inovasi Siswa untuk Anak Sekolah (INOVASI) untuk membangun kerja sama dalam menperkuat kemampuan literasi dan numerasi sisswa di jenjang pendidikan dasar di Indonesia.

DENPASAR, KOMPAS — Akses bersekolah yang semakin meningkat belum tentu diiringi dengan capaian hasil belajar yang baik. Hal ini terlihat dari kemampuan dasar yang penting dikuasai sejak pendidikan dasar yakni literasi dan numerasi yang masih rendah. Dengan kemampuan dasar literasi dan numerasi yang rendah, sulit bagi para siswa untuk dapat berhasil di jenjang pendidikan berikutnya. Capaian pembelajaran siswa secara nasional juga jadi rendah tidak kompetitif.

Kondisi hasil belajar siswa di jenjang pendidikan dasar yang rendah, terutama dalam hal keterampilan literasi dan numerasi tersebut dibahas dalam seminar bertajuk kemitraan Pendidikan yang digelar Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (Inovasi) di kawasan Sanur, Kota Denpasar, Bali, yang dimulai Senin (7/5/208). Lebih dari 200 peserta yang terdiri dari pemerintah pusat dan daerah, lembaga organisasi nonpemerintah tingkat nasional dan internasional mengikuti kegiatan yang merupakan program kemitraan pendidikan Pemerintah Australia dan Indonesia.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000