40 Tahun Grup Ciputra, Berinovasi untuk Kokohkan Kontribusi
Grup Ciputra memastikan diri bertransformasi ke ranah digital untuk menuju pengembangan properti berkelanjutan. Nilai integritas, profesionalisme, dan kewirausahaan dikedepankan guna mewujudkan tujuan tersebut.
Oleh
BM Lukita Grahadyarini
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Memasuki usia ke-40 tahun, Grup Ciputra memastikan diri telah bertransformasi ke ranah digital. Inovasi bisnis akan terus dilakukan untuk berkontribusi menuju pengembangan properti yang berkelanjutan.
CEO Ciputra Group yang juga Direktur Utama PT Ciputra Development Tbk, Candra Ciputra, mengemukakan, Grup Ciputra yang didirikan oleh Almarhum Dr (HC) Ir Ciputra dan keluarga pada 22 Oktober 1981 telah bertransformasi menjadi sebuah grup usaha yang kokoh dan berkontribusi dalam membangun kehidupan bangsa Indonesia.
Grup Ciputra saat ini memiliki 137 unit usaha, tersebar di 43 kota di Indonesia dan 5 kota di luar negeri. Lini bisnis itu mencakup 67 kawasan residensial skala besar, 5 gedung perkantoran, 6 mal atau pusat perbelanjaan, 13 hotel dan vila, 9 tower apartemen, 5 kawasan pergudangan, 12 sekolah dan universitas, serta 12 rumah sakit dan klinik layanan kesehatan.
Selain itu, ada pula lini asuransi, fasilitas rekreasi, agrikultur, pusat kesenian Ciputra Artpreneur, broker properti, dan teknologi informasi.
Di era digital, pihaknya melakukan berbagai inovasi untuk berkontribusi dalam pengembangan properti yang berkelanjutan, yakni dengan mengedepankan nilai integritas, profesionalisme, dan kewirausahaan yang menjadi nilai perusahaan.
”Ke depan, kami akan melanjutkan komitmen untuk menjadi grup usaha yang memberikan berkat dan manfaat nyata bagi Indonesia,” kata Candra Ciputra, pada perayaan puncak Hari Ulang Tahun (Founders Da) Ke-40 Grup Ciputra bertema ”Digital Transformation for Sustainable Development” secara hibrida, Jumat (22/10/2021).
Puncak perayaan itu, antara lain, diisi pameran virtual seluruh unit usaha melalui Ciputra Festival 4.0. Ciputra Festival 4.0 memamerkan unit usaha real estat, apartemen, komersial, asuransi, broker properti, kesenian, unit usaha kesehatan, dan lembaga pendidikan. Penyelenggaraan pameran itu bekerja sama dengan 14 mitra perbankan untuk kemudahan akses pembiayaan properti.
Director Ciputra Group Lalitya Ciputra Sastrawinata mengemukakan, pameran digital yang berlangsung pada September-Desember 2021 merupakan festival secara daring untuk pertama kali yang menggabungkan seluruh lini bisnis Grup Ciputra. Pameran itu diyakini berkontribusi terhadap pencapaian penjualan Grup Ciputra tahun ini.
Pada September 2021, angka penjualan Grup Ciputra tercatat Rp 539 miliar atau lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Tahun 2021, Grup Ciputra menargetkan penjualan sebesar Rp 8,87 triliun. Selama Januari-September 2021, realisasi penjualan mencapai Rp 5,06 triliun atau 57,04 persen.
”Kami optimistis Ciputra Festival 4.0 ini sangat berkontribusi terhadap pencapaian penjualan Grup Ciputra,” kata Lalitya.
Associate Director Ciputra Group, Cipta Ciputra Harun, mengemukakan, pihaknya terus mendorong inovasi di lingkup internal perusahaan, antara lain, dengan menggelar Innovation Award untuk seluruh lini bisnis Grup Ciputra dalam peringatan Founders Day Grup Ciputra. ” Berbagai unit bisnis bisa berinovasi. Ide-ide dan inovasi yang datang dari berbagai unit bisnis itu diimplementasikan untuk Grup Ciputra sehingga bisa terus berkembang,” ujarnya.
Salah satu bentuk inovasi dari pemenang Innovation Award, antara lain, AC hemat energi, Ciputra Health Corner, galeri pemasaran virtual, serta digitalisasi untuk mengoptimalkan tracking customer journey yang telah diterapkan di proyek-proyek Grup Ciputra.