logo Kompas.id
BukuMillennial Nusantara, Siapa...
Iklan

Millennial Nusantara, Siapa Mereka?

Oleh
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Qp1j_20ktZfF4P7CQuqoVf-R-p4=/1024x1024/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F04%2F64782151.jpg

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada tahun 2020 diproyeksikan proporsi angkatan milenial Indonesia akan mencapai 34 persen dari total penduduk. Artinya, wajah Indonesia ke depan ditentukan oleh generasi milenial, ”generasi yang lahir tahun 1981-2000”. Generasi yang juga disebut generasi Y ini tumbuh seiring berkembangnya teknologi infomasi, khususnya internet dan gawai. Hal inilah yang membedakan mereka dari generasi sebelumnya.

Dalam buku Millenial Nusantara: Pahami Karakternya, Rebut Simpatinya (Gramedia Pustaka Utama, 2017), kedua penulis, Hasanuddin Ali dan Lilik Purwandi, mengutip hasil penelitian Alvara Research Center, lembaga penelitian sosial tentang karakter milenial. Ada tiga karakter utama yang dimiliki generasi ini. Karakter pertama adalah connected. Generasi milenial selalu mengupayakan dirinya terhubung, dalam arti bersosialisasi dengan teman atau orang lain, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Karakter kedua, creative, berpikir out of the box, kaya ide, multitasking, dan mampu berkomunikasi. Karakter ketiga, confidence, percaya diri dalam mengemukakan pendapat.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000