FotografiKlinik FotoKebijakan Redaksional dalam...
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN (HAS)

Kebijakan Redaksional dalam Foto Jurnalistik

Foto jurnalistik harus tampil apa adanya. Foto yang didapatkan di lapangan harusnya steril dari ”editing” yang berlebihan. Itu dilakukan demi kesahihan dan kejujuran informasi.

Oleh
WISNU WIDIANTORO
· 5 menit baca

Berakhirnya Orde Baru dan bergulirnya orde Reformasi membuat media massa di Indonesia mengalami kemerdekaannya. Media massa tumbuh subur bak jamur di musim hujan. Sejatinya kemerdekaan atau kebebasan pers tersebut bukanlah tujuan utama, melainkan lebih sebagai sarana. Bukan sebagai sarana yang memperbolehkan media massa berbuat semaunya, melainkan sarana untuk memberikan informasi yang sahih bagi masyarakat.

Sudah selayaknya media massa, termasuk harian Kompas, menyampaikan informasi yang benar. Informasi yang benar dan tepercaya memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, bangsa, dan negara. Dengan informasi yang benar, penikmat informasi dapat memahami suatu peristiwa atau fenomena sehingga mereka dapat merespons aneka peristiwa dengan tepat.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai pembawa informasi yang sahih dan dapat dipercaya, sejak awal Kompas memegang teguh prinsip jurnalisme baik dan berkualitas. Mewujudkan jurnalisme yang baik salah satu caranya dengan menegakkan kode etik jurnalistik bagi wartawan di lapangan dan di rangkaian proses produksi berita dan koran, tentunya sesuai dengan kebijakan redaksi yang dipegang oleh Kompas.

Memuat data...
Memuat data...
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000