logo Kompas.id
Bebas AksesPemerintah Akan Cabut Regulasi PSBB

Pemerintah Akan Cabut Regulasi PSBB

Pemerintah akan mencabut regulasi PSBB. Hal ini karena pemerintah dihadapkan pada pilihan terbatas, memutus rantai Covid-19 atau ekonomi. Normal baru jadi komprominya.

Oleh
karina isna irawan
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Wawan H Prabowo

Presiden Joko Widodo berbincang bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau kesiapan penerapan prosedur standar normal baru di kawasan Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2020). Pada kesempatan itu, Presiden memastikan persiapan pendisiplinan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) oleh TNI/Polri. Presiden meminta TNI dan Polri untuk berada di titik-titik keramaian dalam rangka lebih mendisiplinkan masyarakat dalam mengikuti protokol kesehatan sesuai PSBB.

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah akan mencabut regulasi pembatasan sosial berskala besar untuk melaksanakan protokol tatanan normal baru. Pencabutan regulasi itu harus memenuhi persyaratan terkait perkembangan kasus Covid-19, pengawasan kesehatan publik, kapasitas pelayanan kesehatan, kesiapan dunia usaha, dan respons publik.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Rabu (27/5/2020), mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan skenario pelaksanaan protokol tatanan normal baru. Protokol normal baru dirancang bersamaan dengan program Exit-Strategy Covid-19 berupa peta jalan fase pembukaan ekonomi dan program Pemulihan Ekonomi Nasional sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan