logo Kompas.id
SosokZakir Sabara, Dekan di Medan Bencana

Zakir Sabara, Dekan di Medan Bencana

Sejak beberapa tahun lalu, Zakir Sabhara, Dekan FTI UMI Makassar, berkeliling ke berbagai medan bencana bersama mahasiswanya. Baginya, medan bencana adalah tempat belajar tentang hidup yang tak akan ditemukan di kampus.

Oleh Reny Sri Ayu
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RENY SRI AYU

Dekan FTI UMI Makassar dan aktivis kemanusiaan Zakir Sabara berdiri di depan kabin dari kontainer yang digunakan sebagai posko sukarelawan mahasiswa setiap terjadi bencana, Selasa (5/5/2020), di Kampus UMI di Makassar.

Bagi Zakir Sabara, terjun ke medan bencana memberi pengalaman dan pelajaran hidup yang mendalam. Bencana menggembleng jiwa kerelawanan dan empatinya kepada sesama manusia. Ia ingin pengalaman itu dirasakan juga oleh mahasiswa-mahasiswanya.

Zakir adalah Dekan Fakuktas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI), Makassar. Di sela kesibukannya mengajar, ia selalu berusaha menyempatkan diri menjadi sukarelawan di berbagai bencana, mulai dari banjir, tsunami, gempa, hingga pandemi Covid-19. Ia berusaha melibatkan mahasiswanya untuk terjun sebagai sukarelawan demi mendapat pengalaman hidup yang tidak akan mereka peroleh dari bangku kuliah.

Editor: Budi Suwarna
Bagikan
Memuat data..