logo Kompas.id
HumanioraWaspadai Cuaca Ekstrem pada Siang hingga Sore Hari

Waspadai Cuaca Ekstrem pada Siang hingga Sore Hari

Masyarakat diimbau mewaspadai potensi cuaca ekstrem dan hujan lebat pada periode libur Natal ini. Kondisi tersebut diprediksi masih akan berlangsung hingga Januari 2020.

Oleh I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Warga melintas di sekitar deburan gelombang pasang di sekitar pelabuhan nelayan di Labuan, Pandeglang, Banten, Sabtu (29/12/2018). Selain ancaman tsunami karena erupsi Gunung Anak Krakatau, BMKG memberikan peringatan kepada warga untuk menjauhi kawasan pantai sekitar 1 kilometer karena buruknya cuaca dan musim gelombang pasang.

JAKARTA, KOMPAS — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan melewati perubahan cuaca ekstrem. Kondisi itu diprediksi berlangsung pada Desember 2019 hingga Januari 2020. Perubahan cuaca ekstrem ditengarai berlangsung pada siang hingga sore hari.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Senin (23/12/2019), menjelaskan, sekitar 74 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan per Desember 2019. Kondisi itu ditandai dengan distribusi curah hujan yang cukup signifikan di sebagian besar wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Maluku Utara.

Editor: Irma Tambunan
Bagikan
Memuat data..