logo Kompas.id
β€Ί
Artikel Opiniβ€ΊTajdid Dakwah Internasional...
Iklan

Tajdid Dakwah Internasional Muhammadiyah

Tajdid merupakan gerakan pembaruan pemikiran Muhammadiyah untuk mencari pemecahan masalah atas berbagai persoalan yang dihadapi. Berubah menjadi lebih baik merupakan hal yang lebih penting dalam dakwah.

Oleh
KHUDZAIFAH DIMYATI
Β· 1 menit baca
Ilustrasi
SUPRIYANTO

Ilustrasi

Muhammadiyah yang berdiri pada 18 November 1912 merupakan organisasi Islam terbesar kedua setelah Nahdlatul Ulama di Indonesia. Peran Muhammadiyah terhadap persoalan purifikasi dan modernisasi ini tidak hanya berada di wilayah pemikiran, tetapi juga menjelma menjadi gerakan masif, baik pada level nasional maupun internasional.

Purifikasi diterjemahkan sebagai gerakan kembali pada semangat dan ajaran Islam yang murni dan membebaskan umat Islam dari kehidupan keagamaan yang bercorak sinkretik dan tradisional. Gerakan yang secara kasatmata acap kali hanya dipandang sebagai upaya untuk memurnikan Islam dari sirik, pada dasarnya merupakan upaya untuk melepaskan beban-beban kultural dan merasionalisasi masyarakat. Melalui gerakan purifikasi Muhamamdiyah berupaya melakukan proses demistifikasi dan mengeliminasi proses-proses dehumanisasi guna melakukan transformasi sosial dari masyarakat agraris ke masyarakat industrial (tradisional ke modern), dengan etos yang baru, yaitu tauhid, sebagai titik sentral melandasi dan mendasari aktivitas.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan