logo Kompas.id
Artikel OpiniTitik Awal atau Titik Henti...
Iklan

Titik Awal atau Titik Henti Perguruan Tinggi

Disrupsi pandemi membuka peluang untuk menyadari celah pendidikan tinggi yang dapat diselesaikan dengan teknologi. Namun, jika tidak segera menemukan nyawa barunya, perguruan tinggi barangkali tiba pada titik henti.

Oleh
ELISABETH RUKMINI
· 5 menit baca
HERYUNANTO

Konvergensi, kata kunci utama cepatnya inovasi mendatang. Deret kecepatan perkembangan teknologi dalam suatu bidang berakselerasi bersama teknologi lain yang awalnya tidak berhubungan. Diamandis dan Kotler (The Future is Faster than You Think, 2020) menyebutkan ”the 6 Ds of exponentials technologies: Digitalization, Deception, Disruption, Demonetization, Dematerialization and Democratisation”. Dalam pendidikan, kita merindukan edukasi bagi kebutuhan pembelajar yang heterogen. Melalui teknologi digital, mesin belajar, kepandaian artifisial; personalisasi pendidikan dapat berkonvergensi.

Merujuk Paulo Freire, pendidikan sejatinya perlu membebaskan pembelajar untuk kritis dan kreatif. Kritik Freire terhadap pendidikan masih relevan, terutama pada konsep banking education. Konsep ini menjauhkan daya mencipta. Guru dan pembelajar berelasi dalam terminologi mengumpulkan, memberikan informasi, memenuhi tugas, kemudian melakukan daftar pekerjaan dalam industri massal.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000