logo Kompas.id
Arsip KompasKetangguhan Borobudur

Ketangguhan Borobudur

Von Cambruge ahli yang didatangkan khusus UNESCO untuk menangani Candi Borobudur berani menjamin candi yang dibangun pada abad VIII itu bisa bertahan 1000 tahun lagi Keyakinan itu disebabkan Borobudur yang ditemukan kembali tahun 1814 pada masa Gubernur Jenderal Inggris Sir Thomas Stamford Raffl

· 1 menit baca
Memuat data...

Seusai meresmikan penyelesaian pemugaran Candi Borobudur, Presiden Soeharto beserta rombongan melakukan peninjauan keliling. Dalam gambar tampak Prof Dr R. Soekmono menerangkan dinding relief yang selesai diperbaiki kepada Presiden dan Ny Tien Soeharto disaksikan Dirjen UNESCO Amadou-Mahtar M'Bow (kiri).

Von Cambruge, ahli yang didatangkan khusus UNESCO untuk menangani Candi Borobudur berani menjamin, candi yang dibangun pada abad VIII itu bisa bertahan 1.000 tahun lagi. Keyakinan itu disebabkan Borobudur yang ditemukan kembali tahun 1814 pada masa Gubernur Jenderal Inggris Sir Thomas Stamford Raffles telah dipugar dan diperkuat.

Pemugaran yang dilakukan sejak 1973 hingga 1983 antara lain dengan memperkuat struktur candi. Pada bagian bawah, misalnya, dibangun 2.000 meter kubik beton pelindung untuk menjaga stabilitas bangunan supaya tidak mudah terguncang.

Editor:
Bagikan
Memuat data..