logo Kompas.id
Taja70 Tahun Hiba Bekerja dengan...

70 Tahun Hiba Bekerja dengan Hati dan Konsisten

Hiba Group yang kini memasuki usia 70 tahun membeberkan kunci menjaga eksistensi ditengah tuntutan zaman yang berubah dengan sangat cepat.

Hiba Group
Artikel ini merupakan kerja sama antara harian Kompas dan Hiba Group.
· 3 menit baca
ceo hiba utama berpose di depan bus HIBA UTAMA
Kompas

CEO Hiba Group Jacobus Irawan berfoto di dekat bus antar-jemput dan pariwisata Hiba Utama. Berbagai paket layanan diberikan kepada masyarakat yang ingin berwisata dengan aman dan nyaman.

Menjaga eksistensi sebuah bisnis di sektor transportasi bukanlah perkara mudah. Butuh strategi, ketulusan hati, dan konsistensi untuk terus berkembang sesuai zaman dan kebutuhan pelanggan yang semakin dinamis. Inilah yang menjadikan Hiba Group terus berkembang, dan kini memasuki usia 70 tahun.

Hiba Group menjadi salah satu contoh keberhasilan atas kerja keras untuk selalu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan transportasi. Perusahaan yang hadir sejak 1949 ini senantiasa berupaya memenuhi kebutuhan transportasi yang nyaman, aman, dan berkualitas.

ceo hiba utama berpose didepan penghargaan
Kompas

Hiba Group meraih beragam penghargaan dari berbagai pihak. Di antaranya, Penghargaan Wahana Adhigana 2017 dari Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Hiba Utama juga mendapatkan sertifikat dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan atas prestasinya sebagai operator angkutan umum dengan pelayanan Prima Utama.

CEO Hiba Group Jacobus Irawan menjelaskan, sebuah usaha dapat terus hadir di tengah masyarakat karena mampu mengikuti perkembangan dan tuntutan zaman. “Suatu perusahaan, termasuk Hiba Group, dapat terus eksis selama 70 tahun merupakan waktu yang panjang. Ini menjadi bukti, dalam menjalankan bisnis layanan ini, selain bekerja dengan hati, Hiba selalu memiliki perhitungan matang.”

Hiba, lanjut Jacobus, selalu menyadari bahwa bisnis ke depan senantiasa berubah, tetapi kepuasan pelanggan tetap menjadi nomor satu. “Kebutuhan atau keinginan pelanggan setiap saat berubah. Begitu pula terkait teknologi, berkembang begitu deras. Jadi, perubahan-perubahan tersebut harus dapat kita siasati dan antisipasi dengan cepat dan tepat.”

armada hibarent
Kompas

Hibarent yang menjadi bagian dari Hiba Group siap memberikan pelayanan jasa sewa kendaraan. Anak perusahaan ini terintegrasi dengan jasa layanan bus antar-jemput dan pariwisata (Hiba Utama), serta jasa layanan logistik (Hiba Logistics).

Perusahaan juga dituntut untuk dapat terus tumbuh. “Butuh perencanaan yang solid dengan mempertimbangkan sustainable growth. Kemampuan internal perusahaan untuk dapat bertahan menjadi pertimbangan utama sehingga Hiba dapat bertahan hingga kini berusia 70 tahun. Kami mengandalkan kemampuan internal untuk bisa memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen sehingga mereka puas dan semakin loyal,” ungkap Jacobus.

Perkembangan teknologi yang tak terbendung juga telah diantisipasi oleh Hiba dengan menghadirkan teknologi-teknologi terkini dalam sistem informasi yang dimiliki. Dengan teknologi ini, keamanan, kenyamanan, dan ketepatan waktu di perjalanan dapat semakin ditingkatkan. Dengan adanya monitoring 24 jam, kedisiplinan si pengemudi juga terus terpantau.

ceo memamerkan sistem monitoring
Kompas

Hiba Group memiliki ruang khusus dan monitor yang dilengkapi dengan teknologi terkini untuk memantau posisi dan kondisi kendaraan yang sedang beroperasi. Teknologi ini turut andil dalam meningkatkan ketepatan waktu.

Dukungan

Hiba Group juga memberi dukungan penuh kepada sopir-sopir, yang berhadapan langsung dengan para pelanggan. Training digelar agar para pengemudi selalu bisa memberikan pelayanan kepada pelanggan, selalu memberikan salam atau sapa, ramah, mengemudi dengan hati-hati dan aman, tidak melanggar rambu atau kecepatan. Dengan mengedepankan hal tersebut, Hiba dapat menjaga layanan yang tepat waktu dengan mengedepankan keselamatan dan kenyamanan.

Memasuki usia 70 tahun, Hiba memanfaatkan teknologi terkini untuk memberikan kemudahan kepada konsumen dalam mengakses setiap layanan yang ada. Salah satu proyek terbaru adalah mengembangkan layanan berbasis ponsel yang dapat diakses dengan mudah. Dengan perangkat tersebut, konsumen maupun internal Hiba dapat mengetahui posisi bus, jumlah penumpang, serta perkiraan waktu tempuh.

teknisi hiba memperbaiki komponen kendaraan.
Kompas

Bengkel besar yang dilengkapi dengan peralatan lengkap dan teknisi andal turut menjaga kondisi kendaraan tetap prima dan nyaman.

Kegiatan HUT ke-70

Hiba Utama masih menjadi yang terdepan dalam jasa layanan bus. Dalam mensyukuri keberhasilan tersebut, pada usia ke-70, Hiba Group menggandeng mitra bisnis untuk turut serta dalam kegiatan-kegiatan yang digelar seperti aksi sosial donor darah serta kunjungan ke panti asuhan dan panti werdha.

Bertempat di Pool Hiba Klender, Jakarta Timur, pada Kamis (22/8/2019), Hiba juga mengadakan Mechanic Skills Contest Hiba Group 2019. Kali ini adalah penyelenggaraan kedua kontes yang merupakan ajang unjuk kemampuan dan kreativitas petugas mekanik tersebut.

peserta mechanic skill contest berbaris
Kompas

Mekanik-mekanik andal Hiba Group saat mengikuti Mechanic Skills Contest Hiba Group di Pool Hiba Klender, Jakarta Timur, Kamis (22/8/2019).

Menurut CEO yang juga memiliki pengalaman di bidang perbankan ini, penyelenggaraan kontes sesuai dengan dinamika di lapangan. "Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna, dituntut tenaga-tenaga profesional yang antara lain menguasai perkembangan teknologi dalam dunia otomotif, yang sistemnya sudah menggunakan sistem elektronik," papar Jacobus.

Dia menjelaskan, kontes diikuti oleh 14 jaringan servis teknik Hiba Group dari ujung timur paling jauh Surabaya dan ujung barat paling jauh Labuan. Adapun jumlah peserta dari Hiba Prima Sejahtera 70 orang, sedangkan dari Hiba Rent 14 orang. "Terima kasih kepada pihak manajemen yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk berprestasi. Hasil akhir yang diharapkan adalah Hiba dapat bersaing dan bukan hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa, tetapi bila perlu ke seluruh Nusantara," pungkas Jacobus.

mechanic skill contest HIBA UTAMA bersalaman
Kompas

Peserta Mechanic Skills Contest Hiba Group berjabat tangan dengan jajaran manajemen Hiba Group. Mekanik-mekanik andal yang dimiliki Hiba Group memberi andil besar terhadap keamanan dan kenyamanan berkendara, baik pengemudi maupun penumpang.

Jacobus berharap, kegiatan kontes tersebut bisa berlangsung setiap tahun. Dia juga berpesan kepada para peserta agar dalam bekerja harus selalu belajar dan terus meningkatkan kemampuan. [ACA/BYU]

Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000