logo Kompas.ID

Taja

TajaThe New Lexus LS, Evolusi Sang Mahakarya

The New Lexus LS, Evolusi Sang Mahakarya

Memuat data...
DOK LEXUS

The New Lexus LS 500.

Sebuah mahakarya sering kali diartikan sebagai karya terhebat dengan kreativitas, keterampilan, atau craftsmanship yang luar biasa. Pertama kali diperkenalkan kepada dunia pada tahun 1989, merek Lexus masih sangat baru jika dibandingkan dengan pemain-pemain lain. Namun, Lexus berhasil mendefinisikan ulang market luxury di dunia dengan model flagship Lexus LS 400 yang sampai saat ini masih dianggap sebagai salah satu mahakarya Lexus.

“Pengguna Lexus LS merupakan seorang pemimpin atau berpengaruh, Lexus LS dibuat untuk mencerminkan karakteristik itu. Mereka memandang Lexus LS tidak hanya sebagai sarana transportasi, tetapi juga sebagai perpanjangan dari karakter mereka,” ucap General Manager Lexus Indonesia Meinisa.

60 desainer dan 1.400 insinyur yang dibagi menjadi 24 tim, 2.300 teknisi, dan lebih dari 200 pekerja pendukung terlibat dalam pembuatan Lexus LS 400. Lexus berhasil membuat inovasi fitur dan teknologi yang belum pernah terlihat di mobil-mobil lain saat itu. Lexus LS 400 adalah mobil pertama yang menampilkan teknik pengelasan laser (laser welding) yang menghasilkan pengelasan yang 1.5 kali lebih kuat dari pada kendaraan biasa. Hydraulic-Pneumatic Engine Mounts mengurangi getaran dari mesin V8 berkapasitas 4.0 liter yang menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

Dalam setiap aspek pengembangan Lexus LS 400, kualitas dan keamanan menjadi fokusnya. Sebanyak 100 unit prototipe telah diuji dan ditabrakkan untuk melakukan pengecekan terhadap perancangan struktur bodi dan setiap mobil menjalani 300 prosedur pemeriksaan yang lebih banyak daripada kendaraan lain pada umumnya. Prosedur ini yang membuat pabrik Lexus, yakni Tahara Plant menerima pengakuan sebagai fasilitas produksi yang paling bebas dari kesalahan di dunia.

Pada tahun 2004, Lexus memperkenalkan visi elektrifikasi global, dengan peluncuran teknologi Lexus Hybrid Drive sebuah kombinasi optimal di antara tenaga listrik dan bahan bakar yang menciptakan kendaraan ramah lingkungan dan hemat yang dirancang untuk kemudahan dan kenyamanan pelanggan. Beberapa tahun kemudian, pada tahun 2007, Lexus pertama kali memperkenalkan Lexus LS 600hL, kendaraan luxury hybrid sedan pertama di dunia. Dibekali dengan mesin 5.0 liter yang dikawinkan dengan sistem Lexus Hybrid Drive, Lexus LS 600hL menjadi salah satu langkah ke depan untuk visi Lexus Electrified dengan teknologi self-charging hybrid, yaitu teknologi ini memiliki kemampuan untuk mengisi daya baterai dengan tenaga dari mesin dan pengereman.

15 tahun kemudian, visi Lexus Electrified semakin diperkuat dengan kehadiran kendaraan dengan beragam teknologi masa depan. Hal ini memperlihatkan bahwa Lexus memiliki lini produk terlengkap yang senantiasa akan memanjakan dan memudahkan pelanggannya.

Kini, setelah Lexus memperkenalkan Lexus LS generasi kelima di Indonesia. Tahun 2021, Lexus LS mendapatkan pembaruan, baik dari sisi eksterior maupun interior, untuk lebih meningkatkan tampilan dan performa berkendara serta kenyamanan penumpang melalui The New Lexus LS yang tersedia dalam dua tipe, yakni LS 500 dan LS 500h.

Memuat data...
DOK LEXUS

Interior The New Lexus LS 500.

The New Lexus LS 500 dibekali mesin V6 berkapasitas 3.5 liter yang dipadukan dengan turbocharger yang menghasilkan 415 horsepower dan torsi 600 Nm. Sementara itu, The New LS 500h memiliki mesin dengan kapasitas yang sama, tetapi digabungkan dengan sistem Lexus Hybrid Drive generasi terbaru yang dapat menghasilkan 354 horsepower dan torsi 350 Nm.

Eksterior The New Lexus LS mendapatkan pembaruan di bagian lampu dan bumper depan. Desain 3-LED headlights masih dipertahankan, tetapi bentuk rangkaiannya telah diubah untuk menghasilkan pencahayaan yang optimal. Spindle grille khas Lexus yang memiliki motif yang terinspirasi dari pohon palem Indonesia makin dipertajam dengan penambahan side vents di bumper depan.

Memuat data...
DOK LEXUS

Eksterior The New Lexus LS 500

Interior The New Lexus LS terbaru mendapatkan update terbesar di sistem infotainment, yaitu layar berukuran 12,3 inci telah dibekali dengan fitur touchscreen dan posisi layar telah dimajukan agar pengendara bisa mengoperasikannya dengan mudah. Selain itu, konektivitas pengendara makin terasa dengan adanya fitur Apple CarPlay dan Android Auto.

Pengalaman berkendara Lexus LS tentunya menjadi salah satu hal yang difokuskan Lexus dalam pengembangannya. Fitur Digital Rear View Mirror yang terdapat pertama kali pada sedan Lexus akan makin menunjang pengalaman berkendara Lexus LS dengan memberikan pandangan high definition ke belakang mobil.

Pembaruan Lexus LS ini juga diiringi dengan adanya warna baru untuk eksterior dan interior. Warna Gin-Ei Luster merupakan warna eksterior abu-abu tua baru yang dapat menghasilkan efek bayangan dan cahaya di panel membuat ilusi seperti besi yang dipahat. Selain itu, warna sonic iridium mengubah tampilan konvensional warna abu-abu muda, yaitu memiliki elemen aluminium flakes. Untuk interior, warna terbaru adalah hazel yang merupakan warna cokelat muda yang terinspirasi dari warna interior Lexus LS 400. Warna hazel ini tentunya memberikan rasa nostalgia dengan suasana yang baru nan modern.

“Kami berharap The New Lexus LS menjadi sebuah mahakarya yang terus mencerminkan kepribadian dan gaya hidup pemiliknya," kata Meinisa.

Tentunya, sang mahakarya Lexus ini telah berevolusi dari wujud yang pertama kali memperkenalkan nama Lexus. Namun, dengan The New Lexus LS, Lexus siap untuk kembali mendefinisikan ulang dunia luxury dengan desain, craftsmanship, dan performa. [*]

Memuat data...
Artikel ini merupakan kerja sama harian Kompas dengan Lexus.