TajaSUV Andal yang Mencerminkan Ketangguhan Penuh Petualangan

SUV Andal yang Mencerminkan Ketangguhan Penuh Petualangan

Mobil pribadi tak hanya menjadi alat transportasi yang berfungsi mengantarkan si empunya dari satu tempat ke tempat lain. Kendaraan roda empat ini juga dijadikan cerminan gaya hidup modern. Mobil jenis sport utility vehicle (SUV), misalnya, sering dijadikan pilihan banyak orang untuk mencerminkan jiwa tangguh dan penuh petualangan.

Selain memiliki performa andal, sejumlah SUV terbaru telah dilengkapi sederet fitur modern yang mampu memanjakan dan memudahkan pengemudi dalam banyak hal. Keamanan dan keselamatan berkendara juga semakin meningkat hadirnya beragam inovasi yang disematkan.

Fitur pengendali jarak jauh menjadi salah satu fitur terkini yang turut mengiringi perkembangan teknologi otomotif. Hanya melalui sebuah aplikasi yang tersemat pada ponsel pintar, pengguna dapat melakukan banyak dengan amat mudah layaknya menggunakan sebuah remote control.

Penerapan teknologi informasi pada dunia otomotif ini memberikan segudang manfaat yang mampu memanjakan pemilik kendaraan. Karena dengan teknologi ini, si empunya mobil dapat mengetahui beragam informasi terkait kondisi kendaraan, mulai dari konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, riwayat pengendaraan, hingga mencari tahu lokasi kendaraan diparkir.

Tentu, masih banyak kemudahan lainnya yang didapat dengan inovasi yang mengedepankan teknologi. Tujuannya, pengemudi atau pemilik kendaraan semakin merasa dimanjakan.

https://d2huqozv2aqnkj.cloudfront.net/wp-content/uploads//2022/05/1405-pajero_interior-768x432.jpg
Kompas

New Pajero Sport menawarkan kemewahan dan kenyamanan kabin dengan kualitas tinggi. (DOK. PT MMKSI)

Mitsubishi, salah satu merek terbesar di dunia otomotif, menjadi salah satu pemain otomotif yang tak pernah berhenti menghadirkan inovasi, termasuk bagi pencinta SUV. Melalui salah satu produk unggulannya, Mitsubishi New Pajero Sport, masyarakat dapat memilih SUV ini sebagai citra diri sekaligus alat transportasi yang memudahkan dalam mobilitas.

Bahkan menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Juni 2021, SUV ini menjadi pemimpin pasar dengan lebih dari 60 persen pangsa pasar di segmen medium SUV kelas 2.500 cc (4×2 dan 4×4).

Tipe dan performa

Mitsubishi New Pajero Sport terdiri atas enam tipe, Dakar Ultimate 4x4 AT, Dakar Ultimate 4x2 AT, Dakar 4x2 AT, Exceed 4x2 AT, Exceed 4x2 MT, dan GLX 4x4 MT. Warna pada masing-masing tipe terdiri atas lima pilihan, yakni graphite gray, deep bronze, quartz white pearl, sterling silver, dan jet black mica.

https://d2huqozv2aqnkj.cloudfront.net/wp-content/uploads//2022/05/1405-pajero_kaki-768x432.jpg
Kompas

Pintu bagasi belakang New Pajero Sport kini bisa dibuka secara elektrik dengan ayunan kaki di bawah bumper belakang berkat adanya fitur kick sensor. (DOK. PT MMKSI).

Selain memiliki tampilan gagah dan mewah, SUV ini juga berlimpah fitur, di antaranya, untuk varian Dakar Ultimate 4x2 dan 4x4, terdapat power back door dengan kick sensor yang memudahkan pengemudi saat membuka bagasi belakang. Juga terdapat Mitsubishi Remote Control yang dapat dikoneksikan dengan ponsel pintar sehingga berfungi untuk memudahkan pengoperasian power taigate, mencari posisi parkir, dan informasi lain terkait kendaraan.

Terkait performa, SUV dambaan masyarakat Indonesia ini dibekali dapur pacu terbaik di kelasnya. Pada varian Dakar dan Dakar Ultimate, sudah menggunakan mesin diesel berkapasitas 2,4 liter VGT-Intercooler. Tenaga yang diciptakan mesin tersebut mencapai 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi maksimum 43,5 kgm. Varian ini didukung transmisi otomatis delapan percepatan dengan konfigurasi sport sequential.

Sementara pada varian GLX 4x4 dan Exceed 4x2 menggunakan mesin empat silinder 2,5 liter common rail turbo. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 136 PS pada 4.000 rpm dan diawali torsi puncak 324 Nm pada 2.000 rpm. Pada varian ini terdapat dua pilihan transmisi, yakni manual dan otomatis lima percepatan.

Sedangkan pada varian Dakar Ultimate 4x4 dilengkapi sistem penggerak 4WD Super Select-II dan tombol dial untuk mempermudah pergantian dari 2WD ke 4WD. Sistem ini juga telah didukung dengan mode off road, yaitu gravel, mud/snow, sand, dan rock.

Fitur keselamatan

Mitsubishi New Pajero Sport dilengkapi dengan sederet fitur keselamatan unggulan. Di antaranya, anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), ISOFIX Child Seat, dan immobilizer pada semua tipe.

Kantung udara (airbag) tentu tak luput untuk disematkan guna meningkatkan keselamatan berkendara. Adapun, untuk varian Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT, Mitsubishi melengkapi kendaraan tersebut dengan tujuh buah airbag. Sementara untuk varian GLX 4x4 MT, Exceed 4×2 MT, dan Exceed 4×2 AT, terdapat dua airbag.

https://d2huqozv2aqnkj.cloudfront.net/wp-content/uploads//2022/05/1405-pajero_knop-768x432.jpg
Kompas

New Mitsubishi Pajero Sport varian Dakar Ultimate 4x4 A/T memiliki kenop putar untuk memilih mode off-road. (DOK. PT MMKSI)

Pada varian Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT telah dilengkapi dengan fitur lainnya, seperti brake assist, active stability and traction control, hill start assist (HSA), trailer stability assist (TSA), dan ultrasonic misacceleration mitigation system (UMS).

Varian Dakar Ultimate 4×2 AT dan Dakar Ultimate 4×4 AT mendapatan fitur tambahan lainnya, yakni adaptive cruise control, forward collision mitigation system (FCM), blind spot warning (BSW), lane change assist (LCA), dan rear cross traffic alert (RCTA).

Interior dan eksterior

New Pajero Sport juga memiliki interior dan eksterior premium sebagai cerminan gaya hidup modern. Pada tipe GLX 4×4 MT, Exceed 4×2 MT, dan Exceed 4×2 AT dilengkapi lampu jenis halogen, baik lampu utama maupun lampu kabut. Sementara pada tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT, dibekali lampu LED, baik untuk lampu utama, sein, lampu kabut, maupun lampu active cornering lamp. Juga dilengkapi dengan headlamp washer yang berfungsi lampu utama.

Untuk bagian kaki-kaki, varian GLX 4x4 MT menggunakan velg 16 inci. Sementara itu, tipe Exceed 4×2 MT, Exceed 4×2 AT, Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT menggunakan velg 18 inci. Sedangkan Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT telah menggunakan velg two tone sehingga tampil lebih tangguh dan modern.

Pada bagian kabin, tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT dilengkapi dengan tuas transmisi dan jok berlapis kulit pada bagian setir. Nuansa kemewahan ketiga varian teratas ini semakin kental berkat hadirnya layar display meter berukuran 8 inci yang dapat diatur sesuai keinginan.

Tak hanya itu, ketiga varian ini juga telah dilengkapi oleh power outlet atau soket USB dengan tegangan sebesar 150 watt atau 220 volt yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan selama di perjalanan.

Memuat data...
Artikel ini merupakan kerja sama harian Kompas dengan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).