logo Kompas.id
TajaRapimnas Kadin, Fokus Pemilu...

Rapimnas Kadin, Fokus Pemilu Damai dan Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Emas

Kadin akan terus berperan aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional pada 2024, dengan fokus pada empat pilar utama organisasi demi pencapaian Visi Indonesia Emas 2045.

Kadin Indonesia
Artikel ini merupakan kerja sama antara harian Kompas dan Kadin Indonesia.
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/4WE1-8CU0J2gBQLBiSjTkzh09DQ=/1024x576/https%3A%2F%2Ftaja.kompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2023%2F12%2F081223-TAJA-RAPIMNAS-KADIN.jpg
DOK KADIN INDONESIA

Dari kiri ke kanan WKU Bidang Agraria, Tata Ruang, dan Kawasan/Ketua Pelaksana Rapimnas, Sanny Iskandar; WKU Koordinator Bidang Kemaritiman, Investasi, dan Luar Negeri/Ketua Penyelenggara Rapimnas 2023, Shinta Widjaja Kamdani; Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi; dan WKU Bidang Organisasi/Ketua Pengarah Rapimnas, Eka Sastra.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia hari ini, Kamis (7/12/2023), menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2023 untuk merumuskan program kerja dan advokasi kebijakan tahunan organisasi guna mendorong perekonomian nasional sekaligus aktif mengambil peran sebagai mitra strategis pemerintah.

Pada Rapimnas Kadin 2023 ini, Kadin Indonesia mengusung tema “Pemilu Damai, Ekonomi Tumbuh, Menuju Indonesia Emas 2045” yang difokuskan pada penguatan perekonomian Indonesia dalam memasuki tahun pesta demokrasi dan menuju Indonesia Emas 2045.

Sesuai hasil Rapimnas, organisasi akan terus berperan aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional pada 2024, dengan fokus pada empat pilar utama organisasi demi pencapaian Visi Indonesia Emas 2045. Keempat pilar tersebut meliputi kesehatan, pembangunan ekonomi nasional dan daerah, kewirausahaan dan kompetensi, serta penguatan organisasi dan tata regulasi.

Dalam Rapimnas 2023 juga disampaikan mengenai kinerja Kadin Indonesia yang tetap solid sepanjang 2023. Dari total 191 program kerja yang dijalankan, Kadin Indonesia telah berhasil menjalankan 163 program kerja atau 91 persen total program kerja 2023.

Kadin Indonesia telah berhasil menjalankan inisiatif seperti gerakan Wiki Wirausaha, Kadin Impact Award, dan dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), melibatkan program digitalisasi, pemberdayaan perempuan, ekonomi berkelanjutan, serta sinergi ekonomi nasional dan daerah.

Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi, mengungkapkan bahwa 2023 menjadi tahun yang penuh dengan tantangan bagi perekonomian Indonesia. Namun, perekonomian Indonesia tetap tumbuh di atas 5 persen.

Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kolaborasi semua pemangku kepentingan, dari pemerintah hingga dunia usaha. Tahun mendatang, Kadin Indonesia meyakini perekonomian Indonesia akan tumbuh lebih baik dengan peran aktif Kadin yang mendorong perekonomian nasional.

“Pada 2024 mendatang, perekonomian Indonesia diproyeksikan akan tumbuh pada kisaran 5,2 hingga 5,5 persen. Untuk mendukung target tersebut, Kadin Indonesia, sebagai mitra strategis pemerintah akan terus fokus melaksanakan program and inisiatif prioritas yang sudah berlangsung sepanjang tahun 2023 dan akan diteruskan pada tahun 2024,” kata Yukki.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Bidang Kemaritiman, Investasi, dan Luar Negeri, Shinta Widjaja Kamdani, mengingatkan, tahun 2024 merupakan tahun politik dengan hasil pemilu yang memengaruhi para pelaku usaha dalam menggenjot ekspansi bisnis dan investasi di Indonesia. Menurutnya, dalam jangka pendek, Pemilu dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi seiring kecenderungan meningkatnya konsumsi masyarakat.

“Dalam jangka panjang, dunia usaha mencermati dan berharap stabilitas politik untuk terlaksananya pemilu yang damai. Kadin berkomitmen terhadap netralitas dalam pemilu. Sebagai induk utama organisasi pengusaha di Indonesia, Kadin fokus dalam pertumbuhan ekonomi dan memastikan kondisi perekonomian yang stabil,” ujar Shinta.

Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi Kadin Indonesia, Eka Sastra, mengungkapkan bahwa penguatan organisasi dan regulasi internal menjadi prioritas pengurus selama tahun 2023. Setelah sebelumnya pada 2022, Kadin Indonesia telah menyempurnakan AD/ART dan melanjutkan yang kemudian disahkan menjadi Keppres No 18/2023.

Kadin Indonesia terus melakukan penyempurnaan peraturan organisasi (PO) yang berjumlah 23 peraturan serta mencabut dan tidak melakukan penyempurnaan terhadap 3 peraturan. Selain itu, tercatat sekitar 70 persen sinergi inisiatif antara para pengurus Kadin Indonesia dan Kadin Daerah terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

“Sinergi inisiatif dan program kerja anggota Kadin Indonesia dan Kadin Daerah sangat penting untuk memperkuat peranan organisasi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu, Dewan Penasehat Kadin Indonesia juga telah mendukung Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi, untuk melakukan tugas harian sebagai Plh Ketua Umum memastikan peran strategis Kadin Indonesia dalam pembangunan ekonomi,” ungkap Eka.

Yukki menekankan kesiapan seluruh pengurus Kadin untuk melaksanakan mandat Rapimnas 2023. Yukki menguraikan bahwa Kadin akan melanjutkan pengembangan program inovatif yang sejalan dengan Visi Indonesia Emas 2045.

"Dengan program kerja yang kolaboratif, inklusif, dan berkelanjutan, kami yakin dapat mendekatkan Indonesia pada pencapaian Visi Indonesia Emas 2045," sebut Yukki.

Dalam kesempatan tersebut, Yukki mengapresiasi para pihak yang telah mendukung penyelenggaraan Rapimnas 2023 ini. Di antaranya Freeport Indonesia, BCA, Adaro, Sinarmas, Royal Golden Eagle, Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP), Kapal Api, Unilever, Mayora, Agro Manunggal, Indofood, Vale, dan Tiktok.

Sebagai informasi, setiap tahun Dewan Pengurus Kadin Indonesia diamanatkan untuk menyelenggarakan Rapimnas sesuai Keputusan Presiden RI (Keppres) Nomor 18 tahun 2022 tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kadin Indonesia.

Rapimnas ini diharapkan dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran strategis dunia usaha dan industri yang dapat disinergikan dengan program-program pemerintah, sehingga tercipta kebijakan-kebijakan dan regulasi-regulasi yang mendorong dunia usaha dalam mendorong pertumbuhan perekonomian daerah dan nasional, yang secara khusus menjadi pijakan mencapai Visi Indonesia Emas 2045.

Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000