logo Kompas.id
TajaPLN UIK Tanjung Jati B Gali...

PLN UIK Tanjung Jati B Gali Inovasi Pemanfaatan FABA ke PLTU Pacitan

PLN UIK Tanjung Jati B melaksanakan studi banding ke PLTU Pacitan pada Selasa (21/5/2024) untuk pemanfaatan FABA sebagai pupuk.

PLN
Artikel ini merupakan kerja sama antara harian Kompas dan PLN.
· 2 menit baca
PLN UIK Tanjung Jati B
DOK PLN

PLN UIK Tanjung Jati B melaksanakan studi banding ke PLTU Pacitan pada Selasa (21/5/2024) untuk pemanfaatan FABA atau material sisa pembakaran batu bara sebagai pupuk.

Dalam menggali inovasi pemanfaatan limbah PLTU yang ramah lingkungan, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkit Tanjung Jati B melaksanakan studi banding ke PLTU Pacitan pada Selasa (21/5/2024). Kegiatan ini difokuskan pada pemanfaatan fly ash bottom ash (FABA) atau material sisa pembakaran batu bara sebagai pupuk.

Kegiatan studi banding ini diikuti oleh Tim Lingkungan, Tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), serta perwakilan kelompok tani dan ternak mitra binaan PLN UIK Tanjung Jati B dari Desa Sumanding dan Desa Tubanan. Tujuan dari kegiatan ini adalah mempelajari secara langsung praktik pemanfaatan FABA sebagai pupuk yang telah diterapkan di PLTU Pacitan.

PLN UIK Tanjung Jati B PLTU Pacitan 2
DOK PLN

Produk pemanfaatan FABA sebagai pupuk yang telah diterapkan di PLTU Pacitan.

FABA selama ini dikenal sebagai bahan bangunan alternatif yang ramah lingkungan. Namun, PLTU Pacitan telah mengembangkan inovasi dengan memanfaatkan FABA sebagai pupuk untuk pertanian dan perkebunan.

"Pemanfaatan FABA sebagai pupuk merupakan terobosan baru yang ramah lingkungan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Kami berharap studi banding ini dapat menambah wawasan untuk diterapkan di Tanjung Jati B," ungkap General Manager PLN UIK Tanjung Jati B Dony Ocniza.

Selama kegiatan studi banding, peserta mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung proses pengolahan FABA menjadi pupuk serta hasil panen dari tanaman yang menggunakan pupuk FABA. Selain itu, peserta juga berdiskusi dengan tim PLTU Pacitan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait pemanfaatan FABA.

PLN UIK Tanjung Jati B PLTU Pacitan 3
DOK PLN

Para peserta studi banding PLN UIK Tanjung Jati B sedang mendengarkan pemaparan dari PLTU Pacitan.

"Studi banding ini merupakan bagian dari upaya kami untuk mengoptimalkan pemanfaatan FABA sebagai pupuk, sesuai dengan Dokumen Rincian Teknis (DRT) Pemanfaatan FABA PLN UIK Tanjung Jati B," imbuh Dony.

PLN UIK Tanjung Jati B berharap, studi banding ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan para peserta dalam memanfaatkan FABA sebagai pupuk. Dengan demikian, pemanfaatan FABA dari PLTU Tanjung Jati B sebagai pupuk dapat semakin optimal sehingga memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan lingkungan.

Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000