logo Kompas.id
TajaOExpress Dorong Perkembangan...

OExpress Dorong Perkembangan Logistik Indonesia

Mengusung tagline “Real-Time, Smart Delivery”, OExpress menawarkan solusi layanan pengiriman barang melalui digitalisasi dan otomatisasi.

OExpress
Artikel ini merupakan kerja sama antara harian Kompas dan OExpress.
· 3 menit baca
OExpress Dorong Perkembangan Logistik Indonesia
Kompas

Seremoni pelepasan armada OExpress pada Grand Launching OExpress di Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Masih banyak peluang bagi pelaku industri untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Di antaranya dengan berinovasi menciptakan ekosistem pengiriman barang dan rantai pasok yang lebih efektif dan efisien.

Hal tersebut seperti yang dilakukan PT Oexpress Logistik Indonesia (OExpress), perusahaan logistik yang menawarkan solusi pengiriman barang sebagai agregator dan layanan ekspedisi melalui digitalisasi dan otomatisasi proses pengiriman.

Dengan slogan “Real-Time, Smart Delivery”, pengiriman barang melalui OExpress dapat dipantau secara langsung (real-time) dan mengedepankan transparansi untuk memastikan barang sampai di tangan penerima.

OExpress juga memiliki sistem pengiriman  Smart Delivery yang dapat secara otomatis merekomendasikan pengguna untuk memilih ekspedisi terbaik dengan peringkat success rate tertinggi di OExpress, baik Non COD maupun COD pada wilayah tujuan pengiriman.

Dorong industri logistik

OExpress Dorong Perkembangan Logistik Indonesia
Kompas

CEO & Founder OExpress Rovan Alfarry memberikan paparan tentang kehadiran OExpress dalam mendorong perkembangan logistik Indonesia.

CEO & Founder OExpress Rovan Alfarry mengemukakan, kehadiran OExpress memiliki visi mendorong perkembangan industri logistik di Indonesia. Tanpa adanya logistik memadai dan platform e-dagang, proses operasional pengiriman barang dari UMKM ke konsumen dapat terhambat.

“OExpress juga lahir dari industri e-commerce. Kita ingin logistik dan order management system atau e-commerce platform ini satu kesatuan, sehingga UMKM di Indonesia lebih dimudahkan, tidak ada lagi kendala yang menghambat bisnis mereka. Jadi, UMKM bisa tumbuh lebih cepat,” jelas Rovan pada Grand Launching OExpress di Jakarta, Februari lalu.

Sebagai agregator, OExpress menjadi platform yang menjembatani pihak pengirim barang dengan berbagai perusahaan ekspedisi sebagai penyedia jasa pengiriman. Pengguna layanan OExpress dapat menentukan jenis ekspedisi dan melakukan pengiriman cukup melalui satu dasbor yang telah terintegrasi dengan 3PL (Third Party Logistic).

OExpress juga menciptakan ekosistem logistik untuk pengiriman barang yang lebih efektif dan efisien mulai dari first mile hingga last mile, serta menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Kehadiran OExpress juga dapat membantu menghemat biaya dan mengoptimalkan operasional pengiriman, baik bagi masyarakat umum, pemilik bisnis, maupun UMKM.

Sekretaris Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UKM Santoso mengapresiasi kehadiran OExpress. “Kami dari Kemenkop dan UKM tentu mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada OExpress atas launching pada hari ini”.

Santoso mengungkapkan, masalah logistik masih menjadi tantangan yang harus terus dihadapi oleh pelaku UMKM. Pengelolaan logistik yang baik serta pemanfaatan teknologi digital diharapkan mampu menekan biaya operasional UMKM.

“Sinergi bersama OExpress akan menjadi solusi bagi tumbuhnya UMKM di Indonesia. Semoga kehadiran OExpress akan semakin mempermudah pelaku usaha mendistribusikan produknya ke tangan masyarakat,” harap Santoso.

Layanan beragam

OExpress Dorong Perkembangan Logistik Indonesia
Kompas

Prosesi peluncuran OExpress di Jakarta, Kamis (23/2/2023).

OExpress sebagai layanan ekspedisi menyediakan armada pengiriman dan pilihan layanan beragam, mulai dari Instant Delivery, Same-Day, Reguler, Next-Day, Ekonomis, hingga Cargo. Saat ini, layanan OExpress sebagai agregator telah mencakup seluruh wilayah di Indonesia.

Untuk operasional secara mandiri, layanan ekspedisi OExpress sudah mulai beroperasi di wilayah Jabodetabek, Karawang, dan Bandung.

“Ke depannya, kami akan memiliki cabang di wilayah-wilayah Indonesia yang mempunyai potensi pasar yang tinggi. Kami juga terus berinovasi dalam hal fitur, teknologi operasional, serta mengembangkan aplikasi-aplikasi. Tentunya, kami juga akan terus berintegrasi dengan banyak platform,” pungkas Rovan.

Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000