logo Kompas.id
TajaKisah Menarik Pandawara Group ...

Kisah Menarik Pandawara Group yang Menjadi TikTok Local Heroes 2022

TikTok menobatkan Pandawara Group sebagai salah satu TikTok Local Heroes dalam "Year on TikTok 2022". Kelompok pembuat konten asal Bandung ini mengajak pengikutnya untuk memulai aksi sederhana bagi lingkungan.

TikTok Indonesia
Artikel ini merupakan kerja sama antara harian Kompas dan TikTok Indonesia.
· 3 menit baca
Kisah Menarik Pandawara Group yang Menjadi TikTok Local Heroes 2022
Kompas

Pandawara Group yang beranggotakan Gilang, Rifqi, Agung, Ikhsan, dan Raflyi menjadi salah satu TikTok Local Heroes dalam "Year on TikTok 2022".

TikTok menobatkan Pandawara Group sebagai salah satu TikTok Local Heroes dalam "Year on TikTok 2022". Kelompok pembuat konten asal Bandung, Jawa Barat, ini terdiri atas Gilang, Rifqi, Agung, Ikhsan, dan Raflyi.

Kelompok yang memiliki ide-ide kreatif tersebut dinobatkan menjadi TikTok Local Heroes karena mampu menginspirasi dan memberikan pengaruh positif bagi masyarakat, khususnya dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Pandawara Group tak menyana, konten berisi kegiatan bersih-bersih sungai banyak digemari pengguna dan komunitas TikTok. Ini terlihat dari banyaknya pengikut akun @pandawaragroup di TikTok yang mencapai 1,2 juta dan mendapat 26,3 juta likes.

Keterangan video “sungai ter-ekstrim sejauh ini” merupakan salah satu video terpopuler yang dimiliki kelompok kreatif tersebut. Video ini telah ditonton sebanyak 32,2 juta kali, dengan 4,4 juta likes dan 118.400 komentar.

Kisah menarik

Ada kisah menarik yang dimiliki Pandawara Group di balik kesuksesannya meraih TikTok Local Heroes "Year on TikTok 2022". bersama Kak Jill (@jill_shine2), Alif Cepmek (@alif_cepmek), Maz Ojol (@mzojol), dan Bonge Saputra (@bonge_saputra).

Ide kreatif tentang konten bersih-bersih sampah di sungai berawal dari pengalaman pribadi anggota Pandawara Group. Rumah mereka di Bandung bagian selatan sering dilanda banjir. Salah satu penyebabnya adalah penumpukan sampah. Mereka pun tergerak untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut.

Selanjutnya, Gilang, Rifqi, Agung, Ikhsan, dan Raflyi berinisiatif membersihkan tumpukan sampah di sungai-sungai kawasan Bandung bagian selatan. Mereka telah membersihkan lebih dari 30 sungai dan saluran air di Bandung bagian selatan. Perjalanan mereka dalam membersihkan sampah di sungai pun masih terus berlanjut hingga kini.

Pandawara Group mulai mengunggah video kegiatan tersebut di TikTok sejak pertengahan 2022. Postingan mereka tersebut mendapatkan apresiasi dari komunitas TikTok.

Meski ada saja sejumlah pihak yang skeptis terhadap aksi mereka, kelima pemuda itu tetap teguh membersihkan sampah. Mereka juga tidak ingin aksinya sekadar menjadi tren. Oleh karena itu, mereka mengunggah video bersih-bersih sungai secara konsisten.

Melalui upaya tersebut, Pandawara Group mengajak komunitas TikTok untuk membangun kebiasaan baru untuk semakin peduli terhadap lingkungan. Upaya kelima pemuda itu akhirnya mampu menginspirasi banyak pengikutnya. Banyak pengikut Pandawara Group menjadi relawan untuk membersihkan sampah di sungai bersama mereka.

Upaya yang dilakukan Pandawara Group sebenarnya bisa dilakukan siapa pun. Oleh karena itu, mereka mengajak pengikutnya untuk memulai aksi sederhana dengan memperhatikan lingkungan sekitar, contohnya selokan di dekat rumah.

Ajakan aksi sederhana juga dilakukan oleh kelima pemuda itu dengan menggiatkan tagar #onedayonetrashbag. Melalui tagar ini, mereka mengajak masyarakat untuk membuang satu kantong sampah per hari ke tempat sampah.

Apreasiasi

Head of Operations TikTok Indonesia Mahwari Sadewa Jalutama mengapresiasi upaya yang dilakukan Pandawara Group karena unggahan kelompok kreatif tersebut sejalan dengan misi TikTok untuk menginspirasi dan membawa kebahagiaan.

“TikTok berkomitmen menjadi wadah bagi siapa pun, termasuk generasi pemerhati lingkungan, untuk terus berbagi konten yang kreatif, menghibur, dan menginspirasi. Kami sangat senang melihat kelompok pemuda, seperti Pandawara Group, yang mengajak komunitas serta generasi muda untuk peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang mereka bagikan di TikTok,” ujar Mahwari.

Sementara itu, untuk membuka awal tahun 2023 secara berkesan, pengguna dan komunitas dapat merayakannya dengan ala TikTok menggunakan berbagai efek spesial karya kreator Effect House di TikTok. Efek ini tersedia hingga Jumat (6/1/2023).

Selain itu, pengguna dapat turut berbagi cerita dan kenangan mereka sepanjang 2022 menggunakan tagar #YearonTikTok.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai tren, kreator konten, serta momen tak terlupakan di Tiktok sepanjang 2022, Anda dapat mengetahuinya pada aplikasi atau mengunduh press kit TikTok dengan mengklik tautan berikut. [*]

Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000