logo Kompas.id
TajaDirut PLN Pastikan 1.299 Unit ...

Dirut PLN Pastikan 1.299 Unit SPKLU Siaga Layani Pengguna Mobil Listrik

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memastikan kesiapan layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang sudah beroperasi penuh di seluruh wilayah Indonesia.

PLN
Artikel ini merupakan kerja sama antara harian Kompas dan PLN.
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/sMSXM0vsoITHKw_JCvJK94AfrL0=/1024x576/https%3A%2F%2Ftaja.kompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2024%2F04%2FPLN-1-5.jpg
DOK. PLN

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kiri) didampingi General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Agus Kuswardoyo (kanan) melakukan peninjauan SPKLU pada rest area km 626B Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memastikan kesiapan layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang sudah beroperasi penuh di seluruh wilayah Indonesia. Di beberapa lokasi jalur mudik Lebaran 2024, bahkan dilakukan inspeksi langsung kesiapannya.

Ditemui awak media di rest area tol Jakarta - Merak km 13,5 Tangerang, Banten pada Senin, (08/04) Darmawan menyampaikan SPKLU sudah tersedia di semua rest area di jalur-jalur mudik tol Trans Sumatra-Jawa. Sebelumnya Darmawan juga telah melakukan peninjauan di SPKLU rest area tol 656B Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada Sabtu, (06/04).

“Pada mudik tahun-tahun sebelumnya, SPKLU hanya terdapat pada rest area tertentu saja. Sekarang, setiap rest area ada SPKLU yang siap melayani kebutuhan pemudik, ini adalah bukti bahwa PLN sangat siap mendukung peralihan pemudik dari kendaraan berbasis energi fosil ke energi listrik," kata Darmawan.

https://cdn-assetd.kompas.id/t83G2C0cqj5LTICFzb9ycyxw364=/1024x576/https%3A%2F%2Ftaja.kompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2024%2F04%2FPLN-2-5.jpg
DOK. PLN

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo melakukan pengisian daya kendaraan listrik di SPKLU ultra fast charging di rest area km 626B Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Darmawan menambahkan pada mudik tahun ini, PLN menambah 175 unit SPKLU yang tersebar di berbagai titik jalur mudik Jawa dan Sumatra. Sehingga secara nasional, terdapat 1.299 unit SPKLU di 879 lokasi yang siap melayani pengguna mobil listrik di seluruh Indonesia.

Lokasi sebaran SPKLU tersebut juga telah dipetakan dengan cermat, di jalur tol Trans Sumatra-Jawa misalnya, jarak rata-rata antar SPKLU sekitar 23 km. Kapasitas baterai mobil listrik paling kecil sebesar 39 kWh memiliki jarak tempuh 300 km, sehingga tidak perlu ada kekhawatiran untuk perjalanan jauh.

“PLN telah menyiapkan SPKLU di jalur-jalur mudik dari Merak sampai Banyuwangi dan Bakauheni sampai Palembang dengan dengan rata-rata jarak antar SPKLU sekitar 23 km, sehingga sangat aman untuk mudik menggunakan kendaraan listrik,” ungkapnya.

https://cdn-assetd.kompas.id/7Dea-cBxhhV1i47ILlU5U5aG5do=/1024x576/https%3A%2F%2Ftaja.kompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2024%2F04%2FPLN-3-5.jpg
DOK. PLN

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kiri) terjun melakukan pengecekan langsung personil siaga SPKLU di lapangan.

Tidak hanya berfokus pada kendaraan listrik roda empat, PLN juga telah menyiapkan 1.839 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dan 9.771 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) bagi kendaraan listrik roda dua.

“Untuk lokasi SPKLU, SPBKLU dan SPLU dapat diakses melalui menu Electric Vehicle pada Aplikasi PLN Mobile. Dan semuanya untuk kemudahan pengguna EV dapat berkendara dengan nyaman,” tambah Darmawan.

https://cdn-assetd.kompas.id/isGTCoYNYkYmx1H20CV2HQpQp9A=/1024x576/https%3A%2F%2Ftaja.kompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2024%2F04%2FPLN-4-5.jpg
DOK. PLN

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kelima dari kanan) melakukan pengisian daya kendaraan listrik di SPKLU rest area tol Jakarta - Merak km 13,5 Tangerang, Banten didampingi Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN, Evy Haryadi (kanan), Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesly (keempat dari kiri), Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi (ketiga dari kiri), GM PLN UID Banten, Abdul Mukhlis (keempat dari kanan), GM PLN UID Jakarta Raya, Lasiran (kedua dari kanan), dan GM PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia (kedua dari kiri).

Darmawan menambahkan, hingga H-3 Idul Fitri 1445 H, transaksi penggunaan SPKLU oleh masyarakat meningkat signifikan. PLN mencatat, jumlah transaksi di SPKLU melonjak hingga lima kali lipat pada periode arus mudik tahun 2024 dibandingkan dengan periode yang sama 2023 lalu dari 906 transaksi menjadi lebih dari 4.500 transaksi.

Sementara dari sisi konsumsi daya, pada periode arus mudik tahun 2024 (hingga H-3 lebaran) ini bahkan meningkat 5,2 kali lipat dibandingkan periode arus mudik tahun 2023, yaitu dari 17 MWh menjadi lebih dari 92,4 MWh.

Darmawan melanjutkan, pihaknya terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini salah satunya diwujudkan dengan penambahan beberapa fitur pada Aplikasi PLN Mobile, sehingga masyarakat pengguna kendaraan listrik semakin nyaman dalam melakukan perjalanan jarak jauh.

https://cdn-assetd.kompas.id/I0MZIoT2HcvgYjlKPNzNbTxTJCA=/1024x576/https%3A%2F%2Ftaja.kompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2024%2F04%2FPLN-5-2.jpg
DOK. PLN

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (ketiga dari kiri) didampingi Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN, Evy Haryadi (kedua dari kanan) dan Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesly (kanan) mendengarkan paparan kesiapan infrastruktur SPKLU secara nasional dari Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Retail PLN, Tony Bellamy (kiri).

“Bagi masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan listrik sekarang tidak perlu ragu lagi. PLN sudah menyiapkan manajemen perjalanan mobil listrik dengan fitur Trip Planner di aplikasi PLN Mobile,” kata Darmawan.

Lewat menu Trip Planner, pemudik bisa mengatur titik berangkat dan titik tujuan. Secara otomatis, PLN Mobile akan memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut.

https://cdn-assetd.kompas.id/gmfuU23arn9F9bIoXN8Y0bBikvo=/1024x576/https%3A%2F%2Ftaja.kompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2024%2F04%2FPLN-6-2.jpg
DOK. PLN

Ilustrasi penggunaan fitur Electric Vehicle pada aplikasi PLN Mobile di salah satu Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Selain itu PLN juga menambahkan fitur tombol pop up hotline SPKLU pada aplikasi PLN Mobile versi terbaru yang akan langsung menghubungkan pelanggan pada nomor whatsapp customer service SPKLU. Hotline juga dapat diakses melalui Contact Center PLN 123 dan nomor whatsapp 08-777-11-12-123.

“Apabila masyarakat membutuhkan bantuan pengisian daya darurat ataupun bantuan lainnya terkait SPKLU, bisa menekan pop up hotline SPKLU pada Aplikasi PLN Mobile. Melalui layanan khusus SPKLU ini kami juga menyiagakan 3 unit SPKLU bergerak yang akan menyisir ruas tol Jakarta - Cileunyi dan tol Jawa Tengah - Jawa Timur,” pungkasnya.

Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000