TajaBukit Asam Gelar Kompetisi Teknologi Dekarbonisasi, Total Hadiah hingga Rp 3 Miliar

Bukit Asam Gelar Kompetisi Teknologi Dekarbonisasi, Total Hadiah hingga Rp 3 Miliar

https://d2huqozv2aqnkj.cloudfront.net/wp-content/uploads//2022/08/Launching-BAIA-2022-Dok.-PT-Bukit-Asam-768x432.jpg
Kompas

Launching BAIA 2022 Greenovator oleh Direktur Utama PT Bukit Asam Arsal Ismail pada 22 Maret 2022. (Dok PT Bukit Asam)

PT Bukit Asam (PTBA) menggelar kompetisi Bukit Asam Innovation Awards 2022 (BAIA 2022) Greenovator dengan tema “Decarbonization Competition”. Pendaftaran dibuka mulai dari 6 April 2022 hingga 31 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan dalam mengatasi tantangan perubahan iklim melalui riset dan teknologi yang solutif.

Karena itu, PTBA mengundang periset dan inovator bidang lingkungan dan pertambangan untuk mengembangkan teknologi yang orisinal dalam kerangka keberlanjutan usaha dan lingkungan.

Kategori kompetisi Greenovator

BAIA 2022 dibagi menjadi dua kategori inovasi. Pertama, carbon capture, utilization, and storage (CCUS) dan carbon reduction. Karya dalam kategori ini berkaitan dengan penggunaan metode CCUS dalam operasi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) atau pabrik gasifikasi dengan carbon capture sebagai instrumen inovasi wajib.

Kedua, carbon reduction. Pada kategori ini karya inovasi yang dibuat berkaitan dengan metode pengurangan emisi karbon dioksida (CO2) pada penambangan dan pemanfaatan batubara melalui skema energy efficiency, electrification, renewables, dan equipment optimization.

PTBA menyediakan hadiah  dengan total sebesar Rp 3 miliar bagi 10 karya terbaik.

Nantinya, juara pertama pada kategori CCUS berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 1 miliar apabila karya inovasi yang didaftarkan memiliki Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) 7-9 atau Rp 500 juta apabila karya inovasi berstandar TKT 4-6. Sedangkan, juara pertama pada kategori carbon reduction berhak menerima hadiah sebesar Rp 150 juta.

Hadirkan juri yang kompeten di bidang teknologi energi

https://d2huqozv2aqnkj.cloudfront.net/wp-content/uploads//2022/08/Roadshow-BAIA-2022-Greenovator-Yogyakarta-di-UGM-Dok.-PT-Bukit-Asam-768x432.jpg
Kompas

Roadshow BAIA 2022 Greenovator di UGM Yogyakarta pada 31 Mei 2022. (Dok PT Bukit Asam)

Setelah pendaftaran berakhir, tahapan kompetisi BAIA 2022 dilanjutkan dengan masa penilaian selama dua bulan. Penilaian akan melibatkan dewan juri dengan kompetensi di bidang teknologi energi.

Sebut saja, Staf Ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sekaligus konsultan bisnis energi Nanang Untung, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) 2014-2019 Unggul Priyanto, dan Country Manager Carbon Aceh dan Sekretaris Jenderal Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) Andang Bachtiar.

Kemudian, ada akademisi Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) Renanto, dan akademisi Teknik Perminyakan ITB Utjok W R Siagian.

Renanto, sebagai salah satu juri dan akademisi, berharap bahwa inovasi yang lahir melalui kompetisi BAIA 2022 dapat diterapkan secara nyata untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan member dampak positif bagi perekonomian nasional.

Penting bagi inovator untuk turut bergabung dalam kompetisi BAIA Greenovator 2022 agar dapat memunculkan teknologi baru dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dan menyejahterakan seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Bagi Anda yang berminat mengikuti kompetisi BAIA 2022 Greenovator bisa mendaftar melalui https://greenovator.ptba.co.id/id/register. Informasi lengkap mengenai Greenovator dapat diakses melalui laman https://greenovator.ptba.co.id.

Memuat data...
Artikel ini merupakan kerja sama harian Kompas dengan PT Bukit Asam.