TajaBerikut Perbedaan Cinta dan Sayang yang Perlu Diketahui

Berikut Perbedaan Cinta dan Sayang yang Perlu Diketahui

https://d2huqozv2aqnkj.cloudfront.net/wp-content/uploads//2022/09/frank-n-co-1-648x432.jpg
Dok.Teraphim

Ilustrasi Cinta(Teraphim)

Dalam sebuah hubungan, baik kepada orangtua, sahabat, maupun pasangan, cinta dan sayang terlihat serupa. Namun, kedua istilah ini ternyata memiliki makna yang berbeda.

Dikutip dari laman Gramedia.com, psikolog asal Amerika Serikat (AS) Zick Rubin, dalam buku Liking and Loving: An Invitation to Social Psychology, mendefinisikan cinta sebagai emosi yang berasal dari tiga perasaan, yakni kasih sayang, perhatian, dan keintiman. Dalam prosesnya, cinta berkembang dari rasa suka.

Pengertian cinta juga dijelaskan oleh ahli psikologi dari Universitas Bina Nusantara, Pingkan Rumondor. Ia mengartikan cinta sebagai emosi kompleks yang mengandung afeksi, devotion, kelembutan, dan sensitivitas.

Adapun afeksi adalah perasaan kasih sayang, sedangkan devotion merupakan dorongan untuk melakukan yang terbaik bagi seseorang yang dicintai.

Perasaan cinta juga melibatkan kelembutan (tenderness), yakni dorongan untuk memberikan kasih sayang kepada orang yang dicintai. Kemudian, perasaan ini juga melibatkan sensitivitas pada obyek yang dicintai.

Sementara itu, pakar cinta sekaligus pendiri organisasi School of Love NYC dari AS, Monica Parikh, menyatakan bahwa sayang merupakan perasaan ikhlas pada sesuatu. Pasalnya, proses menyayangi didasari naluri dan logika.

Adapun perasaan sayang merupakan salah satu bentuk respons dalam diri seseorang untuk menunjukkan kepedulian, empati, perhatian, dan rasa untuk melindungi seseorang.

Senada dengan Monica, menurut Pingkan, sayang merupakan salah satu perasaan yang terkandung dalam cinta. Perasaan sayang memiliki keterikatan (attachment), tenderness, dan kejujuran (honest). Namun, perasaan ini tidak memiliki keintiman (intimacy), ketertarikan, dan orientasi seksual.

Oleh sebab itu, cinta umumnya dirasakan seseorang kepada pasangannya, sedangkan sayang dapat dirasakan lebih luas kepada orangtua, sahabat, atau saudara.

Baik cinta maupun sayang merupakan perasaan indah yang sebaiknya diungkapkan. Selain lewat perbuatan, cinta dan sayang juga bisa dinyatakan dengan pemberian hadiah, misalnya perhiasan model terbaru, yakni koleksi Flutter dari Frank & co.

https://d2huqozv2aqnkj.cloudfront.net/wp-content/uploads//2022/09/frank-n-co-2-648x432.jpg
Dok.Frank&co Jewellery

Desain Flutter Collection dari Frank & co. Terinspirasi dari Keindahan Musim Semi(JULIANUS SOAN)

Sebagai informasi, desain perhiasan berlian istimewa #FlutterCollection terinspirasi dari keindahan musim semi dengan bunga bermekaran, kupu-kupu beterbangan, dan daun yang menguning. Oleh sebab itu, koleksi ini dapat menghadirkan suasana penuh rasa hangat dan bahagia bagi orang terkasih.

Perhiasan berlian istimewa itu menggambarkan keindahan dibalik tempaan yang telah dilalui berlian, sehingga menjadi perhiasan berkualitas tinggi. Adapun koleksi ini dikerjakan oleh tangan-tangan ahli yang memperhatikan detail dan memiliki standar kualitas tinggi.

Demi menghadirkan berlian berkualitas tinggi dengan konstruksi dinamis, koleksi tersebut juga mengedepankan teknologi komputerisasi dalam pembuatannya, mulai dari desain hingga produksi.

Menggunakan taburan round dan marquise diamond di setiap item, koleksi Flutter dari #Franknco terdiri atas lima cincin berlian wanita (modern diamond ring), tiga gelang berlian berkualitas (exclusive diamond bangles), tiga anting berlian unik (high quality earrings), dan satu liontin berlian terbaru (diamond pendant).

Selain koleksi Flutter, Anda juga bisa memberikan hadiah berupa Frank & co.’s TinyTAN Special Collection dari #Franknco. Koleksi ini cocok digunakan sebagai ungkapan rasa sayang kepada anak atau keponakan perempuan.

https://d2huqozv2aqnkj.cloudfront.net/wp-content/uploads//2022/09/frank-n-co-3-648x432.jpg
Dok. Frank & co Jewellery

Wedding Rings Collection You Complete Me dari Frank & co.(Frank & co.)

Adapun TinyTAN merupakan karakter animasi yang terinspirasi dari anggota boyband asal Korea Selatan, BTS yakni RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V, dan Jung Kook. Koleksi perhiasan emas TinyTAN dari #Franknco ini dibuat dari emas 18 karat yang bersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Sebagai bentuk ungkapan cinta kepada orang terkasih, Frank & co.’s TinyTAN Special Collection turut mengampanyekan #NyatakanTinyTANdenganFranknco. Saking banyaknya peminat koleksi TinyTAN, persediaannya sempat habis di beberapai gerai Frank & co. Namun kini sudah restock kembali dan bisa didapatkan di gerai Frank & co.

Melalui salah satu bagian dari campaign #NyatakanDenganFrankNco itu, Frank & co. hadir untuk membantu siapa pun, termasuk orangtua, untuk menyatakan cinta dan kasih sayang kepada orang terkasih, khususnya remaja perempuan.

Selanjutnya, jika ingin memberikan tanda cinta kepada pasangan, Anda bisa memberikan Wedding Rings Collection dari Frank & co.

Terdiri atas tiga jenis perhiasan, yakni You Complete Me, Aureola, dan Wedding Ring Promo, Wedding Rings Collection dari Frank & co. dapat dijadikan cincin kawin simpel pada momen pernikahan.

Informasi lengkap mengenai seluruh koleksi Frank & co., termasuk promo cincin nikah dan rekomendasi cincin nikah, dapat kamu temukan pada laman resmi atau akun Instagram @franknco_id.

Sementara itu, seluruh koleksi perhiasan berlian dari Frank & co., termasuk koleksi Flutter, Frank & co.’s TinyTAN Special Collection, dan Wedding Rings Collection, bisa Anda dapatkan di gerai-gerai Frank & co. yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia.

Memuat data...
Artikel ini merupakan kerja sama harian Kompas dengan Frank n co Jewellery.
Iklan